product

Sleeping Bag

Sleepingbag adalah salah satu perlengkapan fital dalam untuk mendaki gunung. Kamu pasti tidak mau dong kedinginan saat tidur digunung, karena hawa dingin akan tetap menembus tenda kita. Jadi dengan menggunakan sleepingbag kamu tetap bisa tidur dengan nyaman digunung. Sleepingbag sediri memiliki berbagai macam jenis, mulai dari ukurannya, bahannya dan tentu saja harganya.

Sebenarnya setiap orang memiiki kebutuhan yang berbeda-beda dalam memilih sleepingbag karena setiap orang memiliki kehangatan tubuh yang berbeda-beda juga. Misalnya saya sendiri adlah tipikal laki-laki yang kurang hangat saat tidur sehingga saya membutuhkan sleepingbag yang sangat hangat. Kebanyakan wanita juga harus membutuhkan sleepingbag yang lebih hangat daripad pria. Jadi dalam memilih sleepingbag, paling tidak kamu harus tahu jenis-jenis slepingbag yang dapat kita jumpai di indonesia dibawah ini:

  1. Sleepingbag Polar

Sleepingbag ini terbuat dari 2 lapisan yaitu lapisan outer dari bahan parasut atau sejenisnya dan lapisan inner dari bahan polar. Sleepingbag ini sangat tipis dan dapat dipacking menjadi cukup kecil sehingga mudah dibawa dan dimasukan tas. Sleepingbag ini memang lebih cepat hangat, karena lapisan polar lebih cepat menyerap panas. Tetapi perlu diketahui bahwa sleepingbag ini juga akan lebih mudah ditembus hawa dingin dari luar. Untuk wanita tidak disarankan menggunakan sleepingbag ini untuk pendakian digunung yang cukup tinggi seperti semeru, karena rata-rata wanita membutuhkan kehangatan yang lebih tinggi.

  1. Sleepingbag Dakron

Sleepingbag ini terbuat dari 3 lapisan yaitu lapisan outer dari bahan parasut atau sejenisnya, lapisan inner dari bahan tafeta atau sejenisnya dan lapisan filling dari bahan dakron. Dakron sendiri adalah serat sintesis yang menyerupai kapas. Sleepingbag ini akan lebih hangat dan lebih dapat menahan hawa dingin dari luar karena serat dakron yang berongga sehingga menggunci hawa dapat bekerja seperti isolator yang mengunci panas tubuh didalam sleepingbag dan menahan hawa dingin dari luar. Sleepingbag ini cukup mumpuni untuk digunakan di gunung-gunung di Indonesia baik oleh laki-laki maupun perempuan. Kelemahan sleepingbag ini memang lebih besar saat dipacking sehingga memakan ruang carrier anda, tetapi tetap ringan karena dakron sendiri sangat ringan seperti kapas. Harga Sleepingbag dakron juga biasanya sedikit lebih mahal daripada sleepingbag polar.

  1. Sleepingbag Dakron+Polar

Saat ini ada beberapa brand sleepingbag lokal yang membuat sleepingbag dengan bahan Polar dan Dakron sekaligus. Jadi lapisan Inner sleepingbag ini terbuat dari Polar, filling dari dakron dan lapisan luar dari parasut atau sejenisnya. Dengan gabungan bahan tersebut, tentu saja sleepingbag ini sangat hangat saat digunakan. Sleepingbag ini akan cepat hangat karena lapisan polarnya, dan tidak akan tertembus hawa dingin karena lapisan dakron di dalamnya. Untuk orang-orang yang memiliki kehangatan tubuh yang rendah kami sarankan untuk menggukan sleepingbag ini saat mendaki gunung yang cukup inggi dan dingin seperti gunung Semeru. Tetapi sleepingbag ini akan terlalu berlebihan apabila digunakan untuk sekedar camping, mungkin kamu akan kegerahan saat menggunakan sleepingbag ini saat camping di gunung-gunung yang levenya masih rendah seperti gunung Merapi atau Papandayan. Sleepingbag ini juga cukup berat dan memakan banyak ruang saat dipacking. Dan tentu saja harga sleepingbag ini lebih mahal daripada harga sleepingbag dakron.

  1. Sleepingbag bulu angsa (down)

Sleepingbag bulu angsa (down) juga sudah mulai banyak di Indonesia, walaupun hampir semuanya adalah brand luar negeri. Sleepingbag bulu angsa memang tidak begitu cocok digunkan di Indonesia, karena suhu di Indonesia sendiri tidaklah sedingin suhu di gunung-gunung bersalju. Sleepingabg bulu angsa memang dirancang untuk suhu yang cukup ekstrim, dan biasaanya digunakan di gunung-gunung bersalju. Sleepingbag ini sangat hangat bila dibandingkan dengan sleepingbag-sleepingbag yang kami sebutkan sebelumnya. Bulu angsa memiliki kemampuan mengembang lebih bagus daripada polar dan mampu menahan suhu dingin yang ekstrim. Dari satu bulu angsa memiliki ratusan bahkan ribuan cabang kecil sehingga dapat mengembang dan menjadi isolator yang sangat bagus. Sleepingbag bulu angsa juga dapat dipacking mendai sangat kecil karena bulu angsa dapat ditekan dan dipadatkan saat dipacking, tetapi akan tetap mengembang kembali saat tekanannya dilepaskan. Sleepingbag bulu angsa ini tetap masih bisa digunkan di Indonesia untuk waktu-waktu tertentu dan oleh orang-orang tertentu yang memiliki tubuh yang membutuhkan kehangat ekstra saat tidur. Harga sleepingbag bulu angsa adalah yang paling mahal daripada yang lainnya karena bahan dasar bulu angsa sendiri yang sulit didapatkan dan membutuhkan pengolahan khusus. Apalagi di Indonesia tidak ada bahan bulu angsa, sehingga walaupun ada sleepingbag bulu angsa dengan brand lokal, harganya akan tetap mahal.

  1. Sleepingbag indoor

Sleepingbag berikutnya adalah sleepingbag indoor. Dari namanya saja kita dapat mengetahui bahwa sleepingbag ini diperuntukkan untuk indoor. Loh trus buat apaan? Bukannya sleepingbag itu dipakai untuk kegiatan outdoor? Memang sleepingbag indoor ini hanya diproduksi oleh satu brand sleepingbag yaitu Godream Sleepingbag. Godream sleepingbag sendiri memproduksi sleepingbag indoor untuk kebutuhan-kebutuhan darurat saja, misalnya saat ada acara manginap di sekolahan, acara pesantren kilat, dan mungkin juga saat terjadi bencana alam atau musibah sehingga korban harus mengungsi dan tidur ditempat-tempat penampungan sementara. Sleepingbag ini terbuat dari bahan katun untuk outternya, dokron untuk fillingnya dan katun/tafeta untuk bahan innernya. Sleepingbag ini tidak tahan air seperti sleepingbag kebanyak, karena memang dirancang bukan untuk kegiatan outdoor, tetapi untuk tidur dilantai tanpa alas atau kasur. Karena bahannya dari katun sleepingbag ini memiliki berbagai macam motif yang lucu-lucu, ada motif warna, garis-garis sampai motof-motif kartun yang lucu. Harga sleepingbag ini terhitung medium, masih dibwah sleepingbag Polar+Dakron dan diatas sleepingbag Dokron. Tapi ingat jangan pakai sleepingbag ini saat naik gunung ya.

Nah itulah macam-macam sleepingbag yang ada dipasaran di Indonesia pad umumnya. Setelah kamu tahu jenisnya, kamu bisa memilih sleepingbag yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu dan kegiatan kamu. Ingat, setiap orang dan setiap kegiatan membutuhkan sleepingbag yang berbeda-beda.